General Orientation

Salam sejahtera bagi kita semua, melalui post ini akan saya jelaskan dan sekedar memberi pencerahan tentang sesi Global Orientation dalam program FEP Binus.

Jadwal pertama saya dalam Global Orientation dinamakan Briefing, pertama-tama saya diperkenalkan dengan beberapa koordinator untuk mahasiswa baru yang dinamakan BC (Buddy Coordinator), dan kami yang mahasiswa baru di sebut Buddy. Setelah itu, kami melakukan sesi perkenalan diri dengan Nama, Asal Sekolah, dan Alasan masuk jurusan yang dituju. Lalu, kelas saya diwajibkan menentukan pemimpin kelas atau yang sering dinamakan komti. Saya juga diajarkan tentang tapping/absen dalam kelas dengan menggunakan kartu binusian flazz.

Setelah Briefing selesai, esoknya disebut sesi Binusian Journey. Yang dimaksud Binusian Journey adalah bagaimana cara perkuliahan di binus, penilaian dan syarat-syarat kelulusan. Dan juga beberapa kantor-kantor yang memungkinkan membantu jika ada masalah, seperti misalnya kartu binusian flazz hilang atau rusak.

Sesi Binus Maya mengajarkan bagaimana kami mengecek jadwal kuliah, nilai IPK, poin SAT dan total jam aktivitas sosial. Sebenarnya, masih banyak lagi yang bisa diakses di Binus Maya, seperti MSDNAA, Print KMK, Binus Access, dsb.

Setelah sesi Binus Maya, kemudian dijelaskan aturan dan tata tertib di Binus. Sedikit mengulang dari acara Binusian Journey, tetapi para BC kami menceritakan pengalaman-pengalaman mereka di binus.

Sesudah itu, Bunga Rampai. Acara ini yang paling saya sukai, karena acara tersebut menjelaskan adanya UKM dari binus dan cara penyampaiannya sangat unik dan kreatif. Ada yang menyampaikan UKM mereka dengan presentasi saja, ada yang dengan melakukan drama ataupun performan dari UKM tersebut.

Binus Way, disampaikan oleh bapak Rektor langsung, Bapak Haryanto Prabowo. Beliau menjelaskan NIM di kartu binusian flazz bahwa ada semacam “rahasia” dari 10 digit tersebut.

Setelah Binus Way, kemudian dilanjutkan lagi dengan pengulangan penjelasan tata tertib dan aturan. Lalu, disambung dengan acara Kerohanian di Auditorium. Acara tersebut menjelaskan lagi 5 UKM di Binus yang tidak dimasukkan di Bunga Rampai.

Setelah itu, Sesi terakhir dalam Global Orientation, Kebersamaan dan EXPO. Acara kebersamaan dimulai dengan semua mahasiswa baru menyanyikan yel-yel dan dilanjutkan dengan yel-yel masing-masing kelas. EXPO dimulai dari kami diajak berkeliling gedung Syahdan untuk melihat semua lokasi stand-stand UKM yang ditunjukkan di Bunga Rampai sebelumnya.

 

One Response

  1. Anonymous Says:

Leave a Comment

Please note: Comment moderation is enabled and may delay your comment. There is no need to resubmit your comment.